• Info Tech

    Robot Anjing Pemandu dengan Teknologi Kinect bisa Membantu Tunanetra buatan NSK...

  • Deskripsi

    Ilmu komputer (bahasa Inggris: computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang...

  • Gadget

    India nampaknya menjadi negara sangat ramah bagi kalangan menengah ke bawah...

  • Review game

    Story Game fiksi ini berseting pada sebuah pulau wisata yang sangat indah yang bernama pulau...

  • Software

    Untuk pengguna internet rasanya kita perlu sekali untuk mengetahui bandwidth yang sudah...

Jumat, 02 September 2011

Ucapan Lebaran Via BBM, Operator pun Antisipasi

Jakarta – Mengirim ucapan lewat pos dan SMS lambat laun tersingkir. Kini ucapan hari raya Lebaran lebih mudah disampaikan lewat BlackBerry Messenger (BBM) atau fasilitas jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Operator selular pun mulai antisipasi.

Salah satunya fitur teknologi telekomunikasi data mulai menggantikan fungsi kartu pos sebagai media saling mengucapkan selamat Lebaran. Perkembangan teknologi ini menggeser beberapa kebudayaan lama. Kepraktisan menjadi kelebihan dari layanan yang ditawarkan para pelaku bisnis seluler ini.

Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno sejak awal sudah mengungkapkan adanya tren peningkatan layanan data. Hal itu terlihat dari pengguna Telkomsel Flash, BlackBerry dan layanan GPRS pada ponsel pintar alias smartphone.

“Pelanggan pada musim Lebaran kali ini diperkirakan akan lebih banyak menggunakan layanan yang membutuhkan bandwidth lebih banyak seperti untuk pengiriman atau penerimaan video maupun gambar,” papar Sarwoto di Jakarta, baru-baru ini.

Karena itu, Telkomsel tak main-main dengan kesiapan trafik data ini. Operator seluler terbesar di Tanah Air ini telah menyiapkan jaringannya di tengah pertumbuhan lalu lintas data hingga 182% saat ini dibandingkan dengan tahun lalu. Untuk layanan BlackBerry, kapasitasnya ditingkatkan menjadi 2,8 GB untuk melayani 2,4 juta pelanggan.

Telkomsel memiliki 7.000 unit BTS (base transceiver station) 3G yang diklaim membuat nyaman pelanggannya selama di kampung halaman yang diperkirakan 40% berbasis GPRS. Jumlah Mobile Switching Center (MSC) Telkomsel berjumlah 292 unit dan peningkatan kapasitas VLR (visitor location register) 185 juta dari tahun lalu 133 juta pelanggan.

Jaringan 3G/HSDPA/HSPA+ didukung 9.000 Node B (BTS 3G) yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia dengan bandwidth 17 Gbps (Giga bit per second). Kapasitas SGSN (Serving GPRS Support Node) & GGSN (Gateway GPRS Support Node) untuk menunjang penggunaan jaringan data packet switch, tahun ini telah disiapkan 26 SGSN dan 9 GGSN.

Sementara Indosat secara teknis juga mengantisipasi lonjakan trafik pada bulan Ramadhan dan Lebaran 2011 melakukan penambahan kapasitas tak hanya layanan voice dan SMS tetapi juga data. Demikian dikatakan Fadzri Sentosa, Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat, kepada para wartawan.

Penambahan kapasitas ditargetkan bisa melayani 1,2 miliar SMS per hari dan 14 juta panggilan suara per hari. Mengantisipasi lonjakan konsumsi data, Indosat juga menambah kapasitas sehingga bisa melayani akses sebesar 100 TB (terra byte) data per hari.

Penambahan itu berarti mencapai 2 kali lipat dibandingkan sebelumnya. Pada 2010, kapasitas pelayanan hanya mencapai 530 juta SMS per hari dan 6 juta panggilan telepon. Adapun penambahan kapasitas data pada tahun itu di bawah seperlimanya, 17 TB per hari.


Sementara PT XL Axiata Tbk juga meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat menghadapi lonjakan trafik komunikasi menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2011. XL menyiapkan kapasitas trafik data internet hingga 66 terabytes dari kondisi normal yang hanya 33 terabytes. "Saat Ramadhan dan Lebaran seluruh layanan tersebut akan meningkat sekitar 30 persen dibanding hari-hari biasa," ujarnya.

Hingga saat ini XL memiliki 24.000 BTS terdiri atas BTS 2G/3G yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara hingga kuartal III 2011 XL mencatat jumlah pelanggan sebanyak 39,3 juta nomor.

Jadi tampaknya para penggemar BlackBerry atau peselancar di dunia maya lewat fasilitas smarthone tak akan terhambat lagi untuk ber BBM-an, Facebook-an atau Twitter-an di hari kemenangan nanti. Silaturahmi gaya seluler ini pun bakal lebih marak. [mdr]

Artikel Terkait:

Categories:

1 komentar:

wakawkawkawkaw........... :28

Posting Komentar